Rabu, 29 Desember 2010

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Nama Sekolah                     :    SMA N 1 Sukorejo Kendal
Mata Pelajaran                    :    Fisika
Kelas/Semester                    :    X/1
Pertemuan ke                       :    1
Alokasi waktu                      :    2 x 45 menit
Standar Kompetensi           :    1.     Menerapkan konsep besaran fisika dan pengukurannya.
Kompetensi Dasar              :    1.1  Mengukur besaran fisika (massa, panjang dan waktu)
Indikator                               :    -       Menggunakan alat ukur besaran massa, panjang dan waktu dengan beberapa jenis alat ukur
                                                     -       Mengukur besaran massa, panjang dan waktu, dengan mempertimbangkan ketelitian dan ketepatan
                                                     -       Menampilkan sikap teliti dalam kegiatan praktek

I.        Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat menggunakan alat ukur besaran massa, panjang dan waktu, dengan alat ukur yang sesuai serta mempertimbangkan ketelitian dan ketepatan dalam pengukuran.
II.      Materi Pembelajaran
Pengukuran Besaran
Mengukur suatu besaran adalah membandingkan besaran yang diukur dengan besaran yang sejenis yang dipakai sebagai satuan. Tujuan mengukur adalah mengetahui nilai besaran fisis dengan hasil yang akurat.
  1. Mengukur Besaran Panjang
Alat ukur yang digunakan untuk mengukur panjang diantaranya: penggaris, meteran, jangka sorong, mikrometer sekrup dan lain-lain.
Setiap alat ukur memiliki skala terkecil masing-masing. Mistar, penggaris dan meteran skala terkecilnya 1 mm dan satuan terkecilnya dan sentimeter (cm), alat tersebut memiliki tingkat ketelitian. Tingkat ketelitian atau paralaks (ketidakpastian) suatu alat ½ dari skala terkecil dari alat tersebut. Mistar memiliki skala terkecil 1 mm, maka tingkat ketelitiannya adalah ½ dari 1 mm yaitu 0,5 mm atau 0,05 cm.

Jangka Sorong
Jangka sorong digunakan untuk mengukur panjang 10 cm sampai dengan 0,1 mm. Skala pada jangka sorong ada dua skala : yaitu skala utama yang ada pada rahang tetap dan skala nonius pada rahang geser. Tingkat ketelitiannya yaitu 0,1 mm atau 0,01 cm.


Makrometer Sekrup
Alat ini terdiri dari rahang geser memiliki skala utama (0,5 mm) dan selubung luar memiliki 50 skala. Memiliki tingkat ketelitian 0,01 mm atau 0,001 cm.



 
  1. Mengukur Besaran Massa
Untuk mengukur massa suatu benda, biasanya menggunakan neraca atau timbangan. Neraca yang ada antara lain : neraca emas, neraca ohauss, masing-masing memiliki skala terkecil gram.
  1. Mengukur Besaran Waktu
Alat pengukur waktu yaitu jam, stopwatch. Jam atau stopwatch skala terkecilnya adalah detik, maka ketelitian dari alat tersebut 0,5 detik. Dengan teknologi digunakan stopwatch digital elektrik dengan tingkat ketelitian 0,01 detik.

III.   Metode Pembelajaran
1.       Diskusi (Tanya Jawab)
Siswa mengadakan tanya jawab dengan teman-temannya tentang pengukuran besaran massa, panjang dan waktu.
2.       Informasi
Guru memberikan pengarahan tentang pengukuran besaran massa, panjang dan waktu dengan beberapa jenis alat ukur.
3.       Eksperimen
Siswa mempraktekkan cara mengukur besaran massa, panjang dan waktu dengan beberapa jenis alat ukur.

IV.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
No
Guru
Siswa
Alokasi Waktu
1.
Kegiatan awal



-       Mengingatkan kembali tentang materi pengukuran yang pernah dipelajari sebelumnya dengan metode tanya jawab kepada peserta didik
-       Melakukan diskusi
10 menit

-       Menunjukkan fenomena yang ada di lingkungan sekitar tentang pengukuran kepada peserta didik
-       Memperhatikan
10 menit
2.
Kegiatan Inti



-       Mengarahkan peserta didik untuk melakukan pengukuran besar-besaran fisika  (massa, panjang dan waktu)
-       Melakukan pengukuran besaran massa, panjang dan waktu dengan beberapa alat ukur
25 menit

-       Mengawasi jalannya praktikum
-       Membuat laporan hasil praktikum berupa tabel
15 menit

-       Mengarahkan peserta didik untuk mencocokkan antara teori yang ada di buku dengan praktikum yang dilakukan
-       Mencocokkan antara teori tentang pengukuran besaran fisika yang ada di buku dengan praktikum yang dilakukan
15 menit
3
Kegiatan akhir



-       Menyelaraskan pemahaman siswa tentang pengukuran besaran massa, panjang dan waktu dengan beberapa jenis alat ukur
-       Memperhatikan penjelasan dari guru dan bertanya apabila ada yang belum dipahami
10 menit

-       Mengarahkan peserta didik untuk membuat ringkasan tentang materi pengukuran dan memberi tugas untuk mengukur beberapa benda di sekitar kita dengan alat ukur yang sesuai
-       Mengerjakan tugas yang diberikan
5 menit

V.      Alat/Bahan/Sumber Belajar
Alat :
-          Mistar
-          Jangka sorong
-          Mikrometer sekrup
-          Stopwatch
-          Neraca
-          Alat tulis di kelas
Bahan/sumber belajar :
-          Hasil kerja siswa
-          Buku fisika yang relevan


VI.    Penilaian
A.      Penilaian dalam Proses
Mengamati keaktifan siswa dalam pembelajaran.
B.      Penilaian Tugas
Membuat laporan hasil praktikum tentang percobaan yang telah dilakukan.
C.      Penilaian Hasil Belajar
Tes tertulis.

Soal-soal tertulis
1)       Jelaskan kegunaan alat-alat ukur mistar, jangka sorong, mikrometer sekrup, neraca dan stopwatch!
2)       Sebutkan tingkat ketelitian dari alat-alat ukur tersebut!
3)       Sebutkan besaran yang dapat diukur oleh alat-alat ukur tersebut, beserta satuannya!




Jawaban
1)       -       Mistar, jangka sorong dan mikrometer sekrup digunakan untuk mengukur panjang dengan skala tertentu.
-       Jangka sorong juga digunakan untuk mengukur diameter dalam, diameter luar dan kedalaman lubang suatu benda.
-       Stopwatch digunakan sebagai alat pengukur waktu.
-       Neraca digunakan untuk mengukur massa suatu benda.
2)       -       Mistar, tingkat ketelitiannya, 0,5 mm atau 0,05 cm.
-       Jangka sorong = 0,1 mm atau 0,01 cm.
-       Mikrometer skrup = 0,01 mm atau 0,001 cm.
-       Neraca = gram
-       Stopwatch = 0,5 detik
3)       -       panjang (meter)
-       Massa (kilogram)
-       Waktu (sekon)
-       Diameter (meter)

                                           Mengetahui                                               Guru Mata Pelajaran
                                       Kepala Sekolah                                                         Fisika
                                    SMA N 1 Sukorejo


                                        Drs. Budiman                                                   Lilis Muhlisoh
                                           131630575                                                           1209020

Tidak ada komentar:

Posting Komentar